Jenis Jenis Ancaman Pada Jaringan Komputer


Adapun Jenis - Jenis Ancaman Pada Jaringan Komputer Yang Hampir Terjadi dan Viral Diantaranya :


1. DDOS (Distributed Denial of Services)



Merupakan bentuk serangan pada jaringan komputer yang berusaha untuk menghabiskan sumber daya sebuah peralatan komputer, sehingga layanan jaringan menjadi terganggu. Pada bentuk serangan ini, sebuah host akan menerima paket inisiasi (paket dengan flag SYN) dalam jumlah yang sangat banyak secara terus menerus.

2. Packet Sniffing



Prinsip dasar pencurian jenis ini adalah, bahwa semua koneksi ethernet adalah koneksi yang bersifat broadcast, dimana semua host dalam sebuah kelompok jaringan akan menerima paket yang dikirimkan oleh sebuah host.


3. IP Spoofing



Merupakan model serangan yang bertujuan untuk menipu seseorang. Serangan ini dilakukan dengan cara mengubah alamat asal sebuah paket sehingga dapat melewati firewall yang telah dipasang.

4. DNS Forgery



Yaitu melakukan penipuan-penipuan data. Untuk dapat melakukan serangan ini, seorang attacker (penyerang) membutuhkan informasi sebagai berikut :
-Nomor identitas pertanyaan
-Port tujuan pertanyaan
-Alamat IP DNS resolver
-Informasi yang ditanyakan
-Waktu pengiriman

5. DNS Cache Poisoning



Metode ini memanfaatkan cache dari setiap server DNS yang merupakan tempat penyimpanan sementara data-data domain yang bukan tanggung jawab server DNS tersebut.

6. Worm



Merupakan program yang menyebar sendiri dengan cara mengirimkan dirinya sendiri ke sistem.

7. Virus



Merupakan program yang dapat menyisipkan dirinya ke objek lainnya seperti file executable (*.exe) dan beberapa jenis dokumen yang sering digunakan.

8. Trojan



Jenis Trojan ini sangat berbahaya karena si pembuat program tersebut dapat menyusup ke sistem jaringan yang telah tersusun oleh trojan.

9. Junk Mail



Dengan adanya Junk Mail atau Surat Sampah akan memperbesar kapasitas inbox email, sehingga email lain yang penting tidak dapat masuk karena kapasitas inbox telah penuh.

Itulah Berapa Bagian Bagian Ancaman Serangan Yang Viral Saat ini Pada Jaringan Komputer, Dan sering di gunakan pada era sekarang.


Belum ada Komentar untuk "Jenis Jenis Ancaman Pada Jaringan Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel